Saturday, February 9, 2013

Menghapus Windows old di Windows 8



Kadang kala setelah menginstall Windows 8 ataupun Widnows 7 dari Windows yang lama seperti XP atau Vista, Hardisk yang diapakai selalu penuh, padahal yang diharapkan Hardisk bisa lebih memiliki banyak ruang? Apakah Pembaca mengalami masalah seperti itu? Alasannya sederhana karena Hardisk yang sudah di install ulang terdapat folder windows old.


Mengapa ada Windows old? Karena saat Pembaca menginstall Windows, Pembaca tidak memformat Hardisk tersebut sehingga untuk mencegah data yang penting tidak hilang, dibuatlah folder Windows old, di dalam Windows old ini ada data-data yang Pembaca simpan sebelum Install ulang, jadi apabila Kehilangan data di Windows sebelumnya, data tersebut aman. itu menjadi kelebihan tersendiri, namun kekurangannya Pembaca tidak bisa menghapus Windows old tersebut secara manual.


Error yang ditampilkan saat menghapus Windows old
Karena tidak bisa dihapus, ruang Hardisk yang digunakan lebih sedikit dan penggunaan Komputer atau PC menjadi sedikit lemot, lalu bagaimana cara mengilangkannya? Penulis sudah menemukan cara yang aman dari Windows itu sendiri, inilah caranya :
 
  • Buka partisi Hardisk, misalnya partisi C


  • Lihat Ribbon diatas(menu seperti Office) kemudian pilih "Manage"




  • Pilih Cleanup, Setelah terbuka pilih cari apakah ada Windows old? Jika tidak ada kilik "Clean up sistem files"





  • Tunggu, setelah itu cari Windows old dan centang, usahakan lainnya tidak usah di centang, tapi itu terserah Pembaca jika ingin menghapus data yang memenuhi kapasitas Hardisk.


Jika sudah klik "Ok" ada konfirmasi apakah mau dihapus, jika iya hapus saja dan tunggu proses hapus, setelah selesai lihat kapasitas di Hardisk Pembaca apakah lebih banyak ruang kosong atau tetap. Dan satu lagi, folder Windows old besarnya tergantung dengan Windows sebelumnya, jika Windows sebelumnya banyak, maka data yang dihapus juga banyak.

Sekian tutorialnya, Terima kasih :)

 

0 comments:

Post a Comment