Wednesday, February 6, 2013

Menjalankan aplikasi Metro di Netbook



Adakah Pembaca sudah menginstall Windows 8? jika di PC dan Notebook pasti sudah lancar, namun bagaimana dengan Netbook sendiri? Jika sudah mencoba menginstall di Netbook, aplikasi di Metro tidak akan Berjalan karena  ; "This app can't open,  the resolution is to low".

Resolution its low

Sebelumnya Penulis jelaskan terlebih dahulu apa sih beda laptop Notebook dengan Netbook? kan sama-sama laptop, sebetulnya itu memang benar, namun ada perbedaan yang mencolok pada dua jenis laptop :

  1. Perancang
    Notebook dirancang untuk desain dan Pemograman yang multitaskingnya banyak, karena Notebook memiliki layar yang lebar, sehingga nyaman untuk mendesain. sedangkan Netbook sendiri dirancang untuk orang yang suka bepergian dan membutuhkan waktu banyak untuk Browsing di Internet.

  2. Layar
    Rata-rata Notebook layarnya berukuran 14 inch, sedangkan Netbook layarnya berukuran 10 inch dan bisa dibawahnya.

  3. Spesifikasi
    Notebook Spesifikasinya tinggi untuk programming dan desain, sedangkan Netbook specnya rendah karena tidak cocok digunakan desain.
Windows 8 sendiri hanya bisa menjalankan Aplikasi Metro dengan resolusi diatas 1024x768, dan otomatis Netbook yang resolusi layarnya rata-rata dibawah itu tidak akan bisa menjalankan aplikasi Metro. untuk mengakalinya Penulis berikan caranya (Peringatan Tidak Semua Netbook bisa menjalankan cara ini, jika ingin menjalankannya segera Update Driver VGA terlebih dahulu, dan jika mengalami masalah saat membuka aplikasi Metro restart Laptop Pembaca) :
  • Ketik atau search "Run" di Metro UI, kemudian jalankan


  • Ketik "Regedit", tekan OK.

  • Tekan "Ctrl+F" Masukkan Kata "Display1_DownScalingSupported"
  • Klik dua kali dan Ubah Nilai Valuenya menjadi 1
  • Klik Ok, kemudian keluar
  • Masuk Ke Desktop, Klik kanan, Screen Resloution.
  • Jika Beruntung maka akan langsung muncul resolusi 1024x768, jika tidak Restart terlebih dahulu

Dan selesai, Pembaca bisa menjalankan aplikasi Metro UI di Windows 8, meskipun mendapatkan gambar yang jelek, dan Penulis ingatkan lagi : Tidak semua Netbook bisa melakukan hal ini, jika mengalami error  tiba-tiba layar blank saat menjalankan aplikasi Metro cukup restart Netbook anda.

0 comments:

Post a Comment