Saturday, March 30, 2013

Memilih Laptop yang sesuai dengan kebutuhan

Filled under:



sudah hampir sebulan penulis tidak menulis, sudah saatnya Penulis kembali lagi ke hobinya. Kali ini Penulis akan memberikan tips untuk Pembaca yang ingin membeli laptop sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, mengapa? bukankah semua laptop sama semua? sama-sama bisa dibuat kerja dan buat bermain game. namun akan lebih baik jika Pembaca membeli Laptop yang sesuai dengan apa yang Pembaca inginkan, namun Pembaca tidak mengatutkan masalah media penyimpanan seperti Harddisk, karena hanya Pembaca yang tahu berapa banyak yang dibutuhkan, ini dia tipsnya :

1. untuk dunia Kerja
untuk Dunia kerja ada 3 katagori :

  • Bisnis : 
    Sebetulnya tidak perlu muluk-muluk mencari laptop, laptop dengan harga dibawah 4 juta Rupiah, Pembaca sudah mendapatkan apa yang Pembaca inginkan dengan spesifikasi rata-rata, Netbook dan Notebook bisa menjadi pilihan yang tepat atau kurang puas dengan layar kecil? Pembaca membeli laptop ukuran layar 14 dengan harga 3 juta sudah dapat.
  • Desain : 
    Pembaca harus merogoh saku Pembaca lebih dalam lagi  jika profesi Pembaca adalah desainer, dan Penulis anjurkan untuk membeli Notebook dengan ukuran layar yang besar agar memudahkan saat mendesain. Pembaca juga membutuhkan Grapich card (VGA) dan RAM yang cukup besar setidaknya Ram 4Gb dan VGA 512mb sudah cukup untuk Desain jika lebih dari itu akan lebih bagus lagi, ditambah Sistem Operasi versi 64-bit juga membuat gambar lebih bagus apalagi 3D. apalagi kalau didukung dengan processor yang tinggi, mendesain sangat mudah dan efisien.
  • Pemograman : 
    Jika Pembaca adalah Pemogram, Penulis  anjurkan untuk membeli Notebook, tidak perlu ukuran layar yang besar, rata-rata seperti 14 inci sudah cukup dan yang terpenting Pembaca bisa melihat script pemograman yang Pembaca buat dengan mudah dengan ukuran layar yang cocok. selain itu Notebook itu juga didukung RAM yang cukup besar, setidaknya 4Gb cukup dan Processor yang tinggi untuk lebih cepat mengkompile script dan menjalankan aplikasi kompile.
2. untuk Gaming
Untuk Gaming, yang jelas Pembaca membutuhkan Spesifikasi yang tinggi dari RAM dan Processor, bahkan tips dunia kerja tidak sebanding dengan kebutuhan Game. Graphic card (VGA) memorinya boleh saja besar, namun sayangnya meskipun memori Graphic card termasuk tinggi, Pembaca harus bisa memahamin apa itu “Pixel Shadder” dan “Directx”. Pixel Shadder ini adalah kemampuan VGA untuk menerjemahkan titik yang ada di layar monitor menjadi grafis 3D maupun 2D, semakin tinggi Pixel Shadder maka semakin bagus grafis yang dihasilkan. Sedangkan Directx sendiri adalah aplikasi yang memaksimalkan fitur 3D, semakin keatas semakin bagus pula 3D yang dihasilkan. Penulis menyarankan patokan untuk Membeli Laptop  adalah laptop yang Graphic card yang sudah mendukung Penuh Directx yang versi 11(Versi saat ini, jika 11.1 maka akan lebih baik lagi, namun sayang masih jarang Graphic card Laptop medukung 11.1), sebelum membeli lihat dan cek terlebih dahulu Graphic card yang dipasang di Laptop, Penulis juga menganjurkan Graphic card ATI/AMD dan NVDIA karena 2 Graphic itulah yang kuat untuk bermain game-game berat dan mendukung Directx 11.

Yah itu saran dari Penulis, dengan tips tersebut Pembaca bias mendapatkan Laptop sesuai dengan apa yang Pembaca inginkan, karena selama ini Penulis melihat orang-orang membeli Laptop hanya sekedar membeli dan tidak melihat spesifikasi Laptop yang dibeli. Jika ingin ada yang ingin ditambahkan, feel free to comment.. :)

0 comments:

Post a Comment